Menu Click to open Menus
Home » Artikel tentang pendidikan » Cara Belajar Efektif Untuk Mendapatkan Hasil Yang Maksimal

Cara Belajar Efektif Untuk Mendapatkan Hasil Yang Maksimal

(2373 Views) October 19, 2015 2:02 pm | Published by | No comment

Siapapun pasti akan kecewa jika sudah berusaha keras dengan mengikuti pelajaran yang disampaikan di kelas dan belajar rajin serta tekun bahkan terkadang hingga tertidur karena kelelahan, namun hasilnya tidak maksimal seperti yang diharapkan.

Nilai yang kurang bagus, yang tidak maksimal dibanding usaha yang keras bukan berarti bahwa kamu termasuk siswa yang kurang pandai, namun bisa jadi karena cara belajar yang kamu lakukan kurang efektif.

Dalam artikel pendidikan kali ini aksipelajar akan membahas mengenai :

Cara belajar efektif untuk mendapatkan hasil yang maksimal

Carilah Tempat Yang Tenang Untuk Belajar

Carilah ruang yang tenang di rumahmu dimana kamu merasa nyaman dan bisa mengisolasi diri dari gangguan. Pastikan ruang itu terdapat meja, kursi dan pencahayaan yang cukup sehingga kamu bisa gunakan untuk belajar dengan nyaman.

Mintalah orang lain untuk tidak menggangu, matikan tape, radio, televisi atau apapun yang bisa membuat pikiranmu menjadi tidak fokus.

Jika kamu kesulitan mendapatkan tempat yang tenang dirumahmu, kamu bisa memanfaatkan perpustakaan umum atau tempat umum lainnya yang memang kondisinya tenang.

Carilah Waktu Terbaik Untuk Belajar

Ada siswa yang cenderung menggunakan waktu belajar terbaik mereka segera setelah mereka pulang dari sekolah ketika masih terbawa kondisi/ suasana belajar di sekolah.

Namun ada pula yang perlu istirahat setelah pulang sekolah dan tidak melakukan aktifitas belajar sebelum melakukan aktifitas rutin seperti bermain, olah raga, atau kegiatan lain bersama keluarga.

Yang pasti tetapkan waktumu untuk belajar sesuai dengan kondisi mu dan pastikan kamu mempunyai cukup waktu untuk tidur, karena kurang tidur bisa mengurangi kemampuan berpikirmu.

Mengatur Jadwal Aktifitas

Aturlah jadwal harian untuk aktifitasmu selama seminggu atau sebulan. Sisihkan waktu tertentu setiap hari untuk melakukan PR (pekerjaan rumah) Kamu dan belajar. Tentukan jumlah minimum yang wajar waktu yang Kamu akan habiskan di tempat yang tenang ini setiap hari. Sebagai contoh, katakanlah Kamu menjadwalkan waktu selama 45 menit setiap hari untuk mengerjakan PR atau belajar. Ini berarti bahwa meskipun PR selesai dalam 25 menit pertama Kamu akan tetap melanjutkan belajar, membaca catatan selama 20 menit sampai 45 sudah habis.

Hadiahi Diri Sendiri Untuk Mulai Melaksanakan Jadwal Kamu

Jika Kamu belum bisa melaksanakan jadwal secara ketat, mulailah melaksanakan jadwal yang kamu buat secara bertahap. Memutuskan kegiatan yang harus dilakukan setelah waktu belajar Kamu selesai. Berencana untuk menonton acara televisi kemudian di malam hari. Katakan pada diri sendiri bahwa Kamu boleh bermain video game selama lima menit dari untuk setiap lima belas menit yang digunakan untuk belajar. Buat tujuan dan penghargaan sebelum Kamu mulai belajar dan bekerja keras untuk mencapai jadwal yang seharusnya.

Variasi Materi

Mengerjakan PR harus dilakukan pertama kali dan kemudian memeriksa/ membaca catatan pelajaran yang berbeda setiap hari. Jika kemarin Kamu membaca catatan pelajaran ekonomi, hari ini perlu membaca catatan pelajaran yang lain. Beberapa mata pelajaran mungkin memerlukan waktu lebih banyak daripada orang lain. Kamu harus bisa mencobanya selama sebulan, dan merubah waktu yang dijadwalkan jika memang diperlukan.

Belajar Yang Mudah Terlebih Dahulu

Belajar mata pelajaran yang sulit akan memaksa otak untuk bekerja. Jika kamu belajar beberapa mata  hari itu, belajarlah yang mudah lebih dahulu, karena kamu akan mampu menyerap materi pelajaran lebih cepat dan lebih banyak ketika pikiran mu masih segar. Kalau memang sebuah mata pelajaran terlalu sulit bagimu, jadwalkanlah waktu khusus untuk mempelajarinya.

Jangan Hanya Membaca Kembali Catatan Atau Buku Pelajaran.

Tuliskan kembali catatan mu atau buatlah rangkuman dan kerjakan soal-soal yang ada. Upayakan belajar dengan aktif menggunakan lebih banyak panca indera, bahkan jika memungkinkan kamu bisa menuliskan ringkasan pelajaran, membacanya sambil direkam lalu putar kembali rekaman tersebut sambil mengerjakan aktifitas yang lain.

Untuk membuat ringkasan upayakan tidak dengan melihat/ membaca catatan, tapi bacalah catatan sampai habis, fahami lalu buatlah ringkasan berdasar ingatan/ pemahamanmu.

Gunakan Singkatan Untuk Mengingat

Untuk memudahkan mengingat sebuah rumus atau sekelompok istilah, Kamu bisa menggunakan beberapa huruf dari masing-masing istilah untuk menciptakan sebuah singkatan kata yang menarik dan masuk akal. Sebagai contoh, misalnya rumus Trigonometri yang sering digunakan seperti sinus (sin), cosinus (cos), serta tangen (tan), dengan rumus :

Sin α   = b/c         sisi depan dibagi sisi miring

Cos α  = a/c         sisi samping dibagi sisi miring

Tan α  = b/a        sisi depan dibagi sisi samping

kita bisa membuat kata akronim “sendiri cosame ngendes”yang berasal dari rumus Sin Depan mIRIng Cos SAmping Miring taNGEN Depan Samping.

atau misalnya singkatan “mejikuhibiniu” untuk mengingat warna-warna pelangi: merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu.

Lakukan Berulang Ulang Dan Rutin

Ulanglah kembali pelajaran yang kamu peroleh serta teruslah belajar secara rutin walaupun hanya satu dua jam sehari dan tetap melakukan aktifitas yang lain. Ini akan lebih efektif dibanding kamu belajar untuk menghadapi ujian yang akan dilaksanakan, sejak pulang dari sekolah hingga larut malam dengan meninggalkan aktifitas rutin .

Gunakan cara diatas agar kamu bisa mendapatkan hasil belajar yang maksimal tanpa harus meninggalkan waktumu untuk bersenang senang dengan teman dan keluarga.

No comment for Cara Belajar Efektif Untuk Mendapatkan Hasil Yang Maksimal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>