Menu Click to open Menus
Home » Seni Budaya » Drama Satu Babak Siswa MAN Putussibau Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan

Drama Satu Babak Siswa MAN Putussibau Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan

(1883 Views) November 14, 2014 1:49 pm | Published by | No comment

Ada ungkapan yang terkenal mengatakan “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawannya”. Dan  “Bangsa tanpa pahlawan adalah Bangsa yang tidak memiliki sebuah kebanggaan”.

Kemerdekaan bangsa Indonesia merupakan hasil perjuangan para pahlawan yang rela mengorbankan jiwa raganya. Sudah sepatutnya para generasi penerus mempertahankan kemerdekaan ini dengan mengisinya dengan pembangunan untuk menuju kesebuah kemerdekaan yang seutuhnya.

Siswa MAN Putussibau memperingati hari Pahlawan dengan menampilkan drama satu babak. Drama yang menggambarkan betapa besar pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah tersebut, ditampilkan seusai upacara peringatan hari Pahlawan.

Drama Satu Babak Siswa MAN Putussibau dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan

Drama Satu Babak Siswa MAN Putussibau dalam rangka Memperingati Hari Pahlawan | FB Yeni Bunda JoAr

Pada drama yang ditampilkan dihalaman sekolan MAN Putussibau tersebut juga menggambar -kan para pelajar yang giat belajar sebagai salah satu upaya untuk mengisi kemerdekaan.

Drama yang diperankan oleh para siswa kelas XI dari jurusan IPA dan IPS tersebut, selain untuk mengenang jasa para pahlawan, juga sebagai bentuk penerapan mata pelajaran bahasa Indonesia, yang salah satu pelajarannya mengenai drama.

Inisiatif untuk menampilkan drama tersebut berasal dari para siswa yang didukung dan dibimbing oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia yaitu bapak Aan Yulianto, S Pd.

Kebebasan untuk berkreasi, serta dukungan dan bimbingan dari para guru di sekolah yang dipimpin Kepala Sekolah bapak Kusnadi,S.Pd.,M.MPd ini, membuat para siswa menjadi lebih berani untuk berekspresi. Sehingga tidak mengherankan jika banyak sekali kegiatan yang dilakukan para siswa, bahkan beberapa diantaranya menghasilkan prestasi yang membanggakan.

Hal ini bisa menjadi bukti sebuah ungkapan yang disampaikan oleh Ki Hadjar Dewantara “Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu”.

 

 

Diolah dari sumber : Ibu Yeni Budi Hastuti,SE (Guru mata pelajaran Ekonomi MAN Putussibau) via Facebook dan beberapa sumber lain.

No comment for Drama Satu Babak Siswa MAN Putussibau Dalam Rangka Memperingati Hari Pahlawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>