Menu Click to open Menus
Home » Agama » Inovasi Pendidikan SMA TRENSAINS Sragen

Inovasi Pendidikan SMA TRENSAINS Sragen

(3052 Views) February 10, 2015 4:22 pm | Published by | 2 Comments

Inovasi pendidikan sangatlah diperlukan. Sudah sa’atnya pendidikan di Indonesia mulai merubah sistem pendidikan yang berbasis hapalan menjadi pemahaman. Kehadiran SMA TRENSAINS Sragen, sejak dua tahun yang lalu, menambah deretan nama sekolah yang melakukan inovasi sistim pendidikan.

Namun inovasi yang diterapkan di sekolah ini, sangatlah berbeda. Dari nama TRENSAINS yang merupakan singkatan dari Pesantren Sains, terlihat sangat berbeda.

Kegiatan luar kelas tahajud fisika, matematika SMA TRENSAINS Sragen

Kegiatan luar kelas tahajud fisika, matematika di SMA TRENSAINS Sragen | FB Kang Bowo JS

 

SMA TRENSAINS DARUL IHSAN MUHAMMADIYAH SRAGEN atau disingkat SMA TRENSAINS DIMSA, demikian nama sekolah Pesantren Sains yang pertama di Indonesia, bahkan mungkin di dunia Islam ini.

Materi pendidikan yang diajarkan di SMA TRENSAINS DIMSA ini, tidak menggabungkan materi pesantren dan ilmu umum sebagaimana pesantren-pesantren modern pada umumnya. Namun, mengambil kekhususan pada pemahaman al Quran dan al Hadits, sains kealaman (natural sceince) dan interaksi antara agama dan sains. Poin terakhir inilah yang merupakan inti materi khas Trensains yang tidak ada pada pesantren lain.

Ada beberapa kegiatan belajar khas trensains yang sangat menarik. Antara lain  Kegiatan English & Arabic camp, Physmath camp (camp fisika & matematika ), Muhadloroh/khitobah, midnight dll
Kegiatan belajar tidak hanya di kelas tapi juga diluar kelas dengan melakukan percobaan.atau eksperimen, seperti halnya kegiatan midnight yang baru lalu.

Istirahat sambil bakar pentol pada Kegiatan tahajud fisika, matematika SMA TRENSAINS Sragen

Istirahat sambil bakar jagung dan pentol disela Kegiatan tahajud fisika, matematika SMA TRENSAINS Sragen | FB Kang Bowo JS

 

Midnight merupakan kegiatan belajar fisika dan matematika yang di istilah kan “tahajud fisika, matematika”. Kegiatan yang dilaksanakan setiap akhir pekan jam 21.00-03.00 wib, juga dibimbing dosen dan mahasiswa dari ITS Surabaya.

Agar siswa tidak ngantuk dan bosan, waktu break istirahat di adakan bakar-bakar jagung atau pentol sambil minum kopi/jahe sehingga suasananya menyenangkan

Diperlukan kemampuan dasar yang cukup tinggi untuk bisa mengikuti pendidikan pada sekolah ini. Bagi para calon santri Trensains, setidaknya ada empat syarat dasar yang harus disiapkan: kemampuan bahasa Arab dan Inggris, serta  kemampuan nalar matematik dan filsafat yang memadai, karena sebagian besar pembelajarannya diusahakan menggunakan bahasa Arab-Inggris, selain menu utama sehari-hari menuntut para santri untuk berpikir secara kritis dan mendalam.

SMA TRENSAINS DIMSA merupakan proyek pertama yang mengawali lahirnya ide Pesantren Sains. Diresmikan pada tanggal 5 November 2013 oleh PP. Muhammadiyah yang diwakili oleh Dr. Abdul Mu’ti, M.Ed dan Kreator utama lahirnya Trensains Dr. Agus Purwanto (Saintis Fisika Teori alumnus Universitas Hirosima Jepang).

 

Diolah dari sumber : Bapak Wibowo juli saputro,S.Pd (Guru mata pelajaran Matematika di SMA TRENSAINS DIMSA) via Facebook, website http://www.smatrensains.com/ dan beberapa sumber yang lain.

 

2 Comments for Inovasi Pendidikan SMA TRENSAINS Sragen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>