Menu Click to open Menus
Home » Seni Budaya » Kompetisi Pertama Penari Cilik Dari Brebes

Kompetisi Pertama Penari Cilik Dari Brebes

(1353 Views) November 24, 2014 9:21 am | Published by | No comment
penampilan Amanda dalam Basa Dance Competition

Penampilan Amanda bersama grupnya dari sanggar Kalyana dalam Basa Dance Competition | FB Candra Rini

Setelah belajar menari sejak 1 tahun yang lalu, gadis penari bernama Amanda Prima Maharani, yang tergabung dalam sebuah grup  dari sanggar Kalyana, dibawah asuhan Ibu Dyah Krisna Y, SSn. mencoba menunjukkan kemampuan -nya dalam olah gerak, seni tari, dalam sebuah lomba.

Penari cilik yang juga seorang pelajar kelas 2, SDN 06, Brebes, ini, bersama teman-teman satu grupnya, mengikuti sebuah lomba seni tari, yang diadakan oleh Bravo Dance Beringin Art Evolution bekerjasama dengan Toserba Basa, pada klasifiaksi tari tradisional Jawa, untuk pelajar Tk dan SD.

Menari didepan umum, apalagi diatas panggung dalam sebuah kompetisi, membutuhkan mental yang bagus. Bahkan seorang penari berpengalaman pun terkadang masih harus berjuang mengontrol rasa, agar mampu menampilkan kemampuan terbaiknya.

Apalagi event bertajuk “Basa Dance Competition”  yang diselenggarakan di Toserba Basa, Slawi, pada hari Minggu, 23 November yang lalu, merupakan lomba yang pertama kali diikuti oleh Manda, demikian biasa dia dipanggil.

Mempelajari seni tari membutuhkan ketekunan dalam berlatih, karena seni tari merupakan seni yang melibatkan beberapa unsur, seperti unsur wiraga, wirama dan wirasa.

Wiraga adalah kemampuan peragaan ,penguasaan kelenturan teknik tenaga gerak dan ungkapan gerak yang jelas.

Wirama adalah pengaturan tempo dan ritme yang erat sekali hubungannya dengan irama.

Wirasa adalah aspek yang bersifat rohaniah yang mendukung keseluruhan tarian yang dibawakan penari.

 

Dukungan moral dari keluarga yang ikut menyaksikan penampilan Manda

Dukungan moral dari keluarga yang ikut menyaksikan penampilan Manda | FB Candra Rini

 

Dukungan moral dari keluarga yang ikut menyaksikan kegiatan tersebut sangat membantu membuatnya mampu menampilkan kemampuan menarinya.

Walaupun dalam lomba tersebut Amanda bersama grupnya belum berhasil mendapat juara, namun keberaniannya untuk mencoba tampil dalam sebuah kegiatan yang baru pertamakali di ikuti  patut didukung.

Ini adalah penampilan kedua dalam sebuah pentas, setelah sebelumnya tampil pada sebuah pementasan ujian untuk mendapatkan sertifikat.

Menang atau kalah dalam sebuah lomba bukanlah tujuan yang utama, namun mencoba menampilkan yang terbaik haruslah diapresiasi.

Walaupun belajar disanggar Kalyana, yang sudah sering menjadi juara dalam lomba tari, namum giat berlatih dan menambah pengalaman sangat penting untuk bisa mencapai pretasi terbaik.

Jadi…. tetap semangat berlatih ya… semoga bisa menjadi juara pada event yang akan datang….semangat - emoads.id

 

 

Di olah dari sumber : ibu Candra (Ibunda Amanda Prima Maharani) via facebook dan beberapa sumber lain

 

 

No comment for Kompetisi Pertama Penari Cilik Dari Brebes

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>