Menu Click to open Menus
Home » Alam Bebas » Pendakian Santri Pondok Pesantren Nirbitan

Pendakian Santri Pondok Pesantren Nirbitan

(1550 Views) March 12, 2015 3:53 am | Published by | No comment

Pendidikan terkadang tidak cukup dengan penyampaian materi didalam ruang kelas. Praktek secara langsung dilapangan bisa menambah pemahaman.

Untuk menambah pemahaman dan ke Imanan para santri, dengan memanfaatkan waktu libur, pondok pesantren Nirbitan mengadakan kegiatan pendakian. Dengan pendakian tersebut diharapkan para santri bisa lebih mengenal gunung sebagai salah satu ciptaan Allah swt. Dengan menyaksikan pemandangan alam yang terbentang luas dari ketinggian gunung, merasakan betapa kecilnya manusia dibandingkan alam semesta serta melihat tanda-tanda kebesaran Allah swt, diharapkan bisa meningkatkan ke Imanan kepadanya.

anggota kelompok pendaki smp Al Islam 1, Surakarta

Santri pondok pesantren Nirbitan dan para pendamping, berfoto bersama dipuncak gunung Ungaran | Dok. mas Yusuf

 

Pondok pesantren Nirbitan merupakan asrama yang disediakan khusus untuk siswa SMP Al Islam 1, Surakarta, yang rumahnya jauh serta ingin menambah ilmu pengetahuan mengenai agama Islam. Tadarus bersama dan kajian agama, merupakan aktifitas keseharian para santri setelah pulang dari sekolah.

Gunung Ungaran menjadi tujuan pendakian, yang rencananya diikuti oleh sebagian besar santri tersebut. Namun karena beberapa alasan dan keperluan keluarga masing-masing, sehingga banyak santri yang membatalkan diri untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pendakian tersebut akhirnya diikuti 8 anak santri dan 4 pendamping.

siswa SMP Al Islam 1 Surakarta, istirahat sejenak dalam perjalanan turun

Istirahat sejenak dalam perjalan turun dari puncak gunung Ungaran | Dok. mas Yusuf

 

Dengan didampingi Mas Yusuf, mas Cahyo, mas Deska, dan mas Luqman, para santri yang terdiri dari Abiyyu, Syarif, Vicky, Ibad, Faruq, Arya, Fahri serta Farhan, mulai melakukan pendakian melalui jalur Limbangan.

Pada tanggal 21 Desember 2014 yang lalu, setelah menikmati perjalanan diantara deretan tanaman diperkebunan teh, mereka beristirahat, sholat, makan dan tidur sejenak di rumah penduduk yang biasa digunakan sebagai tempat persinggahan para pendaki, sebelum mereka melanjutkan pendakian.

Tengah malam, mereka segera meninggalkan desa terakhir, untuk mulai melakukan pendakian, dengan harapan bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit di puncak gunung Ungaran.

Hujan yang turun tidak menyurutkan niat mereka untuk terus melanjutkan pendakian. Gelapnya malam, licinnya jalur pendakian dan dinginnya udara, sempat membuat peserta pendakian mengalami kesulitan. Namun hal itu justru menjadikan tujuan lain dari pendakian, yaitu belajar survival (bertahan hidup di alam) dan belajar berbagi serta saling membantu dengan teman disa’at yang dibutuhkan, menjadi tercapai.

Menjelang matahari terbit, mereka bisa mencapai puncak. Setelah menunggu sejenak, keindahan matahari terbit dan pemandangan alam yang menajubkan mulai terlihat.

Setelah puas menikmati keindahan alam dan mengabadikan momen dengan kamera, mereka segera bergegas turun melalui jalur candi Gedongsongo.

 

 

Diolah dari sumber : mas Yusuf (pendamping di Pondok Pesantren Nirbitan) melalui facebook dan beberapa sumber lain.

No comment for Pendakian Santri Pondok Pesantren Nirbitan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>