Menu Click to open Menus
Home » Ekonomi » Praktek Manajemen Produksi dan Pemasaran Siswa MAN Putussibau Bikin Ketagihan

Praktek Manajemen Produksi dan Pemasaran Siswa MAN Putussibau Bikin Ketagihan

(1443 Views) November 25, 2014 10:16 am | Published by | No comment

Ketersediaan lapangan kerja di Indonesia yang tidak sebanding dengan jumlah tenaga kerja yang ada, membuat angka pengangguran yang cukup tinggi.

Persaingan yang semakin ketat menuntut para pencari kerja mempunyai pengetahuan dan ketrampilan yang lebih, untuk bisa diterima bekerja pada posisi yang bagus.

praktek manajemen produksi dan pemasaran, siswa kelas XII IPS MAN Putussibau

praktek manajemen produksi dan pemasaran, siswa kelas XII IPS MAN Putussibau | FB Yeni Bunda JoAr

 

Tanpa pengetahuan dan ketrampilan lebih, terutama yang didapat dari pendidikan formal, membuat tenaga kerja yang ada hanya terserap pada bidang pekerjaan yang mengandalkan tenaga.

Dibutuhkan banyak wirausaha untuk bisa membantu mengatasi persoalan ketenaga kerjaan tersebut. Diharapkan dengan banyaknya wirausaha, setidaknya bisa membuat pekerjaan bagi mereka sendiri dan kedepannya bisa memberi pekerjaan untuk orang lain.

Sa’at ini materi kewirausahaan sudah mulai diajarkan melalui mata pelajaran ekonomi. Namun materi kewirausahaan akan sulit diterapkan tanpa menumbuhkan semangat berwirausaha, dan hanya menjadi sebatas teori saja.

Ibu Yeni Budi Hastuti,SE, seorang guru mata pelajaran ekonomi MAN Putussibau, mencoba membangkitkan semangat berwirausaha tersebut dengan mengajak para siswa kelas XII IPS, untuk mempraktekan teori yang sudah diajarkan.

Manajemen produksi dan pemasaran menjadi materi yang dipraktekan dengan memberi tugas siswa secara berkelompok, untuk membuat makanan yang nantinya akan dipasarkan dilingkungan sekolah, baik dijual secara langsung maupun melalui koperasi sekolah.

Tiap kelompok yang terdiri dari 3 siswa, diberi kebebasan untuk memilih sendiri jenis makanan yang akan dibuat. Hal ini bertujuan agar siswa bisa belajar melihat peluang usaha apa yang bisa digarap.

Walaupun ibu Yeni juga merangkap sebagai ketua koperasi sekolah, namun beliau tidak memberikan perlakuan khusus bagi siswanya yang memasarkan produknya melalui koperasi. Dengan perlakuan sama seperti suplayer koperasi lainnya, para siswa bisa lebih tahu secara nyata sistem kerjasama pemasaran yang ada.

Dengan dilakukannya praktek manajemen produksi dan pemasaran ini, diharapkan siswa bisa lebih memahami teori yang sudah diajarkan, serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

Upaya yang dilakukan ibu Yeni, ternyata membuahkan hasil yang bagus, karena selain para siswa menjadi bisa lebih memahami mengenai manajemen produksi dan pemasaran, ada beberapa siswa yang ketagihan untuk terus memproduksi makanan dan bekerjasama dengan koperasi untuk pemasarkannya.

Semangat berwirausaha yang berhasil ditumbuhkan ini, akan menjadi semakin terpupuk jika ada pembinaan lebih lanjut. Tidak menutup kemungkinan dengan praktek manajemen pemasaran yang lebih luas, diluar lingkungan sekolah, akan membuat siswa bertambah wawasan dan semakin terpupuk semangat wirausahanya.

Semoga apa yang dilakukan ibu Yeni Budi Hastuti, SE. dan para siswanya Ini, bisa ditiru oleh guru serta siswa dari sekolah lain. Sehingga kedepan akan semakin banyak bibit-bibit wirausaha yang akan tumbuh.

 

Diolah dari sumber : Ibu Yeni Budi Hastuti,SE (Guru mata pelajaran Ekonomi MAN Putussibau) via Facebook dan beberapa sumber lain.

 

No comment for Praktek Manajemen Produksi dan Pemasaran Siswa MAN Putussibau Bikin Ketagihan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>