Menu Click to open Menus
Home » Iptek » Prof. Dr. Khoirul Anwar, Profesor Dari Indonesia Penemu Teknologi 4G

Prof. Dr. Khoirul Anwar, Profesor Dari Indonesia Penemu Teknologi 4G

(1864 Views) December 16, 2014 2:06 pm | Published by | 1 Comment

Sebuah karya besar seringkali berasal dari sebuah ide kecil yang sederhana, namun diwujudkan dengan kerja keras dan ketekunan. Kita mungkin tidak mengira bahwa sebuah penemuan besar dibidang telekomunikasi nirkabel, setingkat diatas teknologi 3G, yang disebut dengan teknologi 4G, ternyata berasal dari sebuah ide yang muncul dari film animasi Dragon Ball Z. Yang di Indonesia banyak digemari oleh anak-anak.

Prof. Khoirul Anwar bersama keluarga, di depan Nara Institute of Science and Technology (NAIST) Jepang

Prof. Khoirul Anwar bersama keluarga, di depan Nara Institute of Science and Technology (NAIST) Jepang

 

Tapi cerita itulah yang terjadi pada diri Prof. Dr. Khoirul Anwar, dosen sekaligus peneliti asal Indonesia yang bekerja di laboratoriom Information Theory and Signal Processing, Japan Advanced Institute of Science and Technology, di Jepang. Penemu teknologi OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing).

Teknologi OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing) secara sederhana merupakan pengembangan dalam sistem telekomunikasi wireless 3G, dengan memperbaiki beberapa kelemahannya. Hasil penyempurnaan tersebut kemudian dinamai dengan teknologi 4G.

Berkat karyanya tersebut ia menyita perhatian besar dari dunia telekomunikasi modern. Teknologi 4G, hasil karyanya disebut-sebut sebagai salah satu terobosan teknologi telekomunikasi terbesar yang ada saat ini.

Teknologi 4G kini telah dipatenkannya dan mulai dikembangkan oleh perusahaan telekomunikasi besar yang ada di Jepang dan China.

Prof. Dr. Khoirul Anwar, lahir dari sebuah keluarga kurang mampu pada tanggal 22 Agustus 1978, disebuah desa kecil di Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Ayahnya bernama Sudjianto dan ibu bernama Siti Patmi, yang berkerja sebagai buruh tani dan terkadang juga buruh serabutan.

Masa kecil nya cukup berat, apalagi ketika ayahnya meninggal dunia sa’at ia masih berada di sekolah dasar, pada tahun 1990. Dengan pekerjaan serabutan Ibunya berjuang untuk memenuhi kehidupan keluarga. Menyadari kondisi tersebut, ia berusaha bagaimana caranya agar kehidupan keluarganya menjadi lebih baik, dengan membantu melakukan berbagai macam pekerjaan yang mampu dia lakukan setelah pulang sekolah.

Ketika masuk ke jenjang pendidikan SMA, ia meneruskan ke SMA yang berada di kota Kediri. Disana dia bersama dengan sebuah keluarga yang menawarinya untuk tinggal secara gratis. Dan dia memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baiknya, agar tetap bersekolah, tanpa membebani ibunya.

Hingga saat ia melanjutkan kuliah di ITB Bandung jurusan Teknik Elektro, ia tetap tidak memberatkan orang tuanya karena ia mendapatkan beasiswa penuh dari ITB,  berkat prestasi dan kemampuan akademiknya yang luar biasa. Hal tersebut terus berlanjut hingga pada suatu saat, setelah berhasil menyelesaikan 4 tahun kuliahnya di ITB, dia ditawari beasiswa S2 dari sebuah perusahaan elektronik, Panasonic untuk melanjutkan studinya di Nara Institute of Science and Technology (NAIST) Jepang.

Dengan kemampuannya yang di atas rata-rata, pada tahun 2005, ia mampu menuntaskan program masternya dan berselang tiga tahun kemudian, pada tahun 2008, ia menyelesaikan program doctoral S3 nya di universitas yang sama.

Selama masa studinya disana, ia pernah mendapatkan penghargaan bergengsi di bidang teknologi telekomunikasi internasional. yaitu IEEE Best Student Paper Award of IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) pada tahun 2006. Tidak hanya itu, pada event IEEE VTC 2010, ia juga mendapatkan penghargaan Best Paper untuk kategori Young Scientist.

Prof. Dr. Khoirul Anwar yang sekarang tinggal bersama keluarganya di Jepang, berharap suatu sa’at nanti bisa pulang kembali ke Indonesia.

 

Kisah Prof. Dr. Khoirul Anwar ini semoga bisa menginspirasi dan memotivasi kita, agar tidak menyerah pada keadaan.

 

Diolah dari berbagai sumber.

 

 

1 Comment for Prof. Dr. Khoirul Anwar, Profesor Dari Indonesia Penemu Teknologi 4G

  • tukang sogok says:

    kata siapa penemu 4g

    kalo penemu odfm emang iya, odfm dipake buat 4g

    kesimpulannya, ya bukan penemu 4g

    jangan cuman gara2 media bilang,,,inilah dia penemu 4g, trus langsung dipercaya.
    media itu seringkali menyesatkan, malah pake pencitraan segala.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>