Menu Click to open Menus
Home » Iptek » Siswa MAN Putussibau Praktek Pembuatan Minyak Dari Sampah

Siswa MAN Putussibau Praktek Pembuatan Minyak Dari Sampah

(1867 Views) November 15, 2014 6:11 pm | Published by | 2 Comments

Pelajaran kimia seringkali menjadi salah satu pelajaran yang ditakuti para siswa. Rangkaian simbol dan rumus-rumus yang rumit membuat bidang pelajaran ini, menjadi sulit untuk difahami.

Diperlukan cara yang kreatif agar siswa menyenangi dan mudah memahami pelajaran yang disampaikan.

Cara yang kreatif inilah yang dikembangkan oleh seorang guru mata pelajaran kimia MAN Putussibau yang bernama bapak Sukirman, S.Pd.

Siswa kelas XII IPA MAN Putussibau sedang memproses sampah menjadi minyak

Siswa kelas XII IPA MAN Putussibau sedang memproses sampah menjadi minyak | FB Yeni Bunda JoAr

 

Dengan kreatifitas beliau, para siswa diajarkan untuk memahami pelajaran kimia , dengan cara mempraktekkan diluar kelas.

Setiap hari Jum’at, para siswa kelas XII jurusan IPA, MAN Putussibau, diajak untuk mempraktekkan salah satu teori kimia, dengan membuat minyak dari bahan sampah plastik.

Bahan yang digunakan pada proses pembuatan minyak ini adalah sampah plastik, berupa botol atau gelas plastik bekas minuman, yang mereka peroleh dari lingkungan sekolah.

Botol dan gelas plastik bekas minuman yang akan diproses, dibersihkan dari sisa-sisa minuman kemudian dikeringkan. Setelah kering bahan-bahan tersebut kemudian dimasukkan kedalam tempat pemrosesan, lalu dipanaskan.

Dengan menggunakan peralatan sederhana yang sudah dirancang khusus, setelah proses pemanasan,  maka plastik akan menguap dan  berubah menjadi cairan berupa minyak.

Siswa kelas XII IPA MAN Putussibau foto bersama bp Sukirman, S.Pd.

Siswa kelas XII IPA MAN Putussibau bersama bp Sukirman, S.Pd. dilokasi pembuatan minyak dari bahan sampah | FB Yeni Bunda JoAr

 

Proses pembuatan minyak ini,  bisa menjelaskan mengenai metode pemecahan rantai polimer yang rumit dengan cara yang menyenangkan dan lebih mudah difahami.

Hasil pemroses plastik yang berupa minyak tersebut, dengan beberapa rangkaian proses panjang, bisa dirubah menjadi bahan bakar seperti premium ataupun solar.

Mari kita tunggu hasil kreatifitas bapak Sukirman, S.Pd. dan para siswa MAN Putussibau, selanjutnya. Barangkali akan dilanjutkan proses pembuatan minyak tersebut menjadi bahan bakar alternatif pengganti premium dan solar.nemu ide - emoads.id

 

Diolah dari sumber : Ibu Yeni Budi Hastuti,SE (Guru mata pelajaran Ekonomi MAN Putussibau) via Facebook dan beberapa sumber lain.

 

2 Comments for Siswa MAN Putussibau Praktek Pembuatan Minyak Dari Sampah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>