Menu Click to open Menus
Home » Profil » SMP Cendikia Sukahegar Sekolah Perjuangan

SMP Cendikia Sukahegar Sekolah Perjuangan

(2273 Views) September 28, 2014 4:29 am | Published by | No comment

Ditengah keterbatasan sarana dan prasarana SMP Cendikia Sukahegar, yang berlokasi di desa Panyusuhan, kecamatan Sukaluyu, kabupaten Cianjur, Jawa Barat ini, mampu menunjukan bahwa dengan tekad serta semangat belajar yang kuat, setiap kendala akan teratasi, setiap penghalang akan bisa diterjang.

Sekolah yang awalnya bernama SMP Cerdas Seatap ini, merupakan sekolah perintis yang didirikan oleh pemerintah dalam rangka menyukseskan program nasional wajib belajar pendidikan dasar (Wajar Dikdas) 9 tahun.

Dengan adanya sekolah yang berdiri sejak tahun 2006 ini, banyak anak-anak dari masyarakat kurang mampu dan bertempat tinggal dipelosok desa, bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Sejak dilaksanakannya otonomi daerah, sekolah ini mulai tersendat operasionalnya akibat tidak adanya dukungan dari pemerintah.

Siswa SMP Cendekia Sukahegar menjadi Paskibra pada upacara 17 Agustus 2014

Siswa SMP Cendikia Sukahegar menjadi Paskibra pada upacara 17 Agustus 2014 | FB Ajidin

Kondisi tersebut menggugah semangat para aktifis yang peduli pendidikan, untuk ikut mempertahankan sekolah yang sudah meluluskan 5 angkatan ini, dengan menjadi relawan pengajar disekolah tersebut.

Karena belum mempunyai gedung sekolah sendiri, sehingga kegiatan belajar siswa SMP Cendikia Sukahegar, terpaksa menumpang di gedung sekolah SD Sukahegar.

Aktifitas belajar mengajar yang dilaksanakan siang hari, selepas aktifitas belajar SD selesai, mulai jam 13.00 hingga jam 16.30, tidak menyurutkan semangat belajar para siswa.

kegiatan belajar di kelas SMP CS

Suasana belajar di kelas SMP Cendikia Sukahegar | FB SMP Cendikia Sukahegar

 

Hal ini tidak lepas dari kegigihan para pengajar untuk terus berupaya melaksanakan proses belajar mengajar dengan baik, sehingga semangat mereka juga menular pada para murid mereka.

Sa’at ini  ada 65 siswa yang dibimbing oleh 9 orang guru, termasuk beberapa relawan pengajar yang merupakan alumni sekolah tersebut.

Berkat perjuangan para banyak komponen masyarakat, SMP Cendikia Sukahegar dengan segala keterbatasannya mampu tetap bertahan. Sehingga tidak berlebihan jika sekolah ini disebut sebagai sekolah perjuangan.

 

Diolah dari sumber : Bapak Ajidin (Aktifis, Relawan pengajar SMP Cendikia Sukahegar) dan beberapa sumber lain.

No comment for SMP Cendikia Sukahegar Sekolah Perjuangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>