Menu Click to open Menus
Home » Artikel tentang pendidikan » Ujian Nasional 2015 Akan Diselenggarakan Dengan Dua Sistem

Ujian Nasional 2015 Akan Diselenggarakan Dengan Dua Sistem

(1602 Views) March 18, 2015 12:13 pm | Published by | 1 Comment

Pada Ujian Nasional (UN) Tahun ajaran 2014/2015, yang  akan diselenggarakan bulan April yang akan datang, Kemdikbud  akan menyelengarakan 2 macam UN yaitu menggunakan sistem CBT (Computer Based Test)  dan menggunakan LJUN (Lembar Jawaban Ujian Nasional) atau cara lama.

siswa sedang mengerjakan soal ujian nasional

siswa sedang mengerjakan soal ujian nasional | kemdiknas.go.id

Sesuai dengan keputusan Pusat Pendidikan (Puspendik) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), telah mengkonfirmasi bahwa Ujian Nasional 2015 akan dilaksanakan secara Online memakai sistem CBT (Computer Based Test) atau Ujian Nasional berbasis komputer oleh beberapa sekolah perintis.

Sekolah yang menjadi perintis pelaksanaan CBT adalah sekolah yang bersedia untuk melaksanakan ujian nasional berbasis komputer tersebut dan memiliki infrastruktur yang memadai.

Saat ini sebanyak 458 sekolah perintis yang tersebar di 129 kabupaten/kota pada 27 provinsi di Indonesia sudah diverifikasi.

Verifikasi tersebut meliputi pengecekan infrastruktur yang tersedia serta kesediaan pihak sekolah untuk melaksanakan CBT. Kepala Bidang Penilaian Non-Akademik, Puspendik, Giri Sarana, mengatakan, sekolah yang memiliki infrastruktur memadai namun tidak bersedia mengikuti CBT, tidak dipaksa untuk ikut. Ada pula sekolah yang menyatakan siap, tetapi tidak punya infrastruktur seperti yang dipersyaratkan, tidak dapat melaksanakan CBT. “Jadi sekolah yang menjadi perintis CBT adalah sekolah yang lulus verifikasi dan menyatakan kesediaannya,” ujar Giri, demikian dikutip dari kemdiknas.go.id

Pelaksanaan UN CBT  menggunakan metode Multiple Choice atau Pilihan Ganda. Untuk kedepannya diharapkan ujian nasional tidak lagi menggunakan kertas lembar jawaban, namun sudah menggunakan komputer.

Sebelum pelaksanaan UN CBT ini dilaksanakan, dilaksanakan uji coba terlebih dahulu. Pusat Pendidikan (Puspendik) dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) juga akan memberikan Try Out kepada sekolah dan siswa yang menyelenggarakan UN CBT agar tidak terjadi kesalahan pada saat pelaksanaan ujian nanti.

Para siswa melakukan uji coba secara langsung di depan komputer dan menyelesaikan soal-soal yang ada dengan kapasitas waktu yang telah ditetapkan. Setelah batas waktu mengerjakan soal Ujian habis, maka komputer tersebut akan langsung mati dan siswa tidak akan bisa membuka ataupun mengerjakan soal lagi.

 

1 Comment for Ujian Nasional 2015 Akan Diselenggarakan Dengan Dua Sistem

  • Fina says:

    Untuk yang CBT selain dari segi Infrastruktur seperti koneksi internet dan piranti yang digunakan juga harus diperhatikan apakah OS dan software yang digunakan legal? jangan sampai yang digunakan adalah OS bajakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>